Kurikulum

Program Keahlian Pemasaran

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain.

Pemasaran juga merupakan salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.

Pemasaran adalah salah satu kompetensi keahlian yang ada pada satuan pendidikan SMKN  15 Jakarta. Kompetensi Keahlian Pemasaran saat ini mempunyai tiga rombongan belajar untuk masing-masing tingkat. Kompetensi yang diharapkan setelah peserta didik lulus adalah mampu:

  1. Memahami prinsip-prinsip bisnis
  2. Menata produk
  3. Melaksanakan negosiasi
  4. Melaksanakan konfirmasi keputusan pelanggan
  5. Melaksanakan proses administrasi transaksi
  6. Melakukan penyerahan atau pengiriman barang
  7. Melaksanakan penagihan pembayaran
  8. Mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan
  9. Menemukan peluang baru dari pelanggan
  10. Melaksanakan pelayanan prima
  11. Membuka usaha eceran/ritel
  12. Melakukan pemasaran barang dan jasa
  13. Membuat program aplikasi bisnis