Kompetensi keahlian Administrasi perkantoran merupakan salah satu dari 3 Kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 15 Jakarta. Dalam kompetensi keahlian ini peserta didik mempelajari beberapa kompetensi umum sama seperti yang dipelajari di SMK sejenis lainnya antara lain mempelajari bagaimana cara melayani tamu dengan baik, menerima telepon, dan mengetik surat atau naskah dengan cepat menggunakan computer, serta lain-lain pekerjaan yang dipersiapkan bagi tenaga kerja tingkat menengah bidang administrasi perkantoran. Suatu bidang pekerjaan yang dibutuhkan di pelbagai perusahaan, baik perusahaan skala kecil, menengah maupun besar. Suatu pekerjaan administrasi yang dapat dilakukan di mana saja di segala bidang pekerjaan dan profesi.
Secara spesifik pekerjaan yang banyak membutuhkan lulusan administrasi perkantoran antara lain: staff administrasi, sekretaris, resepsionist, operator telepon, front office, Event Organizer, Juru Tik, Manager dan sebagainya. Namun demikian selain bidang pekerjaan di atas sesuai dengan visi dan misi SMK Negeri 15 Jakarta lulusan kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 15 Jakarta dipersiapkan juga menjadi wirausaha muda karena di SMK Negeri 15 Jakarta para peserta didik juga mendapatkan pengetahuan dan pelatihan di bidang kewirausahaan dan dipersiapkan juga untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi (perguruan tinggi) yang relevanUntuk menunjang kebutuhan tamatan sesuai dengan keinginannya Administrasi Perkantoran SMK Negeri 15 Jakarta selalu merawat dan mengembangkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan dan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang termuat pada struktur kurikulum sejumlah 20 kompetensi.
Dalam ke-18 kompetensi tersebut terdapat pengetahun dan keterampilan berikut: