Berita

SMKN 15 Jakarta
Kegiatan penyusunan program kerja bantuan pemerintah Fasilitasi kemitraan SMK dengan dunia kerja

Jakarta Senin, 11 Oktober 2021

Kegiatan penyusunan program kerja bantuan pemerintah Fasilitasi kemitraan SMK dengan dunia kerja, yang diselenggarakan di RKB Aula SMKN 15 Jakarta berjalan dengan lancar. Kegiatan ini dihadiri oleh Depnakertrans yang diwakili oleh Ibu Munawaroh didampingi dengan Ibu Puji yang menyampaikan materi tentang pengenalan Dunia Kerja bagi siswa di DKI Jakarta.

Penjelasan diawali dengan paparan profile ketenagakerjaan DKI. Berdasarkan data tersebut DKI Jakarta mempunyai tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 8,51%. Angka tersebut merupakan angka setelah mengalami penurunan sebesar 2,44%. Selain itu terdaapt 3 tantangan ketenagakerjaan yaitu bonus demografi, MEA dan revolusi industry 4.0.

Pada kesempatan tersebut pemateri juga menyampaikan materi tentang skill yang harus dimiliki oleh siswa SMK setelah lulus terkait administrasi dalam persiapan memasuki dunia usaha dan dunia industry, yaitu pembuatan surat lamaran, CV dan tips dan trik pada saat wawancara agar dapat diterima kerja di perusahaan.

Kemudian narasumber selanjutnya yaitu Pak Diding yang merupakan Ketua Bidang SMK yang memberikan materi tentang Kebijakan Dinas Pendidikan terkait Sekolah PK (Pusat Keunggulan). Beliau menuturkan bahwa salah satu syarat menjadi sekolah PK yang baik adalah Lulusan SMKN 15 Jakarta 70% dapat terserap dengan kriteria BMW yaitu Bekerja di Industri, Melanjutkan Kuliah atau Berwirausaha.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan dan informasi bagi guru dan stakeholder lainnya di sekolah dalam rangka menyiapkan siswa siswinya menghadapi dunia usaha dan dunia industry yang disesuaikan dengan tantangan saat ini, dan menyiapkan sekolah untuk menjadi sekolah pusat keunggulan.

Bagikan
Facebook Button Twitter Button