Berita

SMKN 15 Jakarta
Sinkronisasi kurikulum berstandar Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam rangka pelaksanaan bantuan fa

Sinkronisasi kurikulum berstandar Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam rangka pelaksanaan bantuan fasilitas kemitraan SMK dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri telah sukses dilaksanakan di SMKN 15 Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk Pengembangan kerja sama SMK dengan DUDI; Penyelarasan kurikulum berbasis Industri (termasuk penerapan project based learning); Pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum berbasis Industri (termasuk penerapan project based learning); Pelaksanaan pembelajaran dengan menghadirkan praktisi di sekolah; penyusunan kebutuhan standar sarana dan prasarana berbasis Industri; dan Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) siswa di Industri; serta Proses penyerapan lulusan di Industri.
Acara sinkronisasi kurikulum ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 20 September 2021, dengan menghadirkan mitra industry dari beberapa perusahaan yang sudah menjalin kerjasama selama ini, yaitu PT. Alindra Haqeem Travel, PT. Fajar Sejahtera, dan Pusjarah TNI. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh pengawas SMK Bapak Wahidin Ganef. Beliau memberikan sambutan dengan menekankan bahwa tugas SMK tidak hanya menciptakan lulusan berprestasi, tetapi memastikan keterserapan lulusan didunia usaha dan dunia industry. Oleh karena itu, kegiatan seperti ini penting dilakukan untuk menjaga hubungan baik antara sekolah dengan pihak dunia usaha dan dunia industry.
Acara ini berjalan dengan lancar, yang diikuti oleh seluruh guru produktif dan perwakilan guru normada. Kegiatan diisi dengan diskusi antara perwakilan DUDI dengan guru produktif, dimana diskusi ini membahas mengenai kurikulum yang digunakan di sekolah dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh pihak DUDI. Kemudian, sekolah menambahkan keterampilan yang dibutuhkan DUDI kedalam kurikulum yang akan diajarkan di sekolah. Kegiatan sinkronisasi ini diharapkan sekolah mampu memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan DUDI, sehingga sekolah mampu memenuhi kebutuhan DUDI, dan keterserapan lulusan dapat sesjuai dengan yang diharapakan. 

Bagikan
Facebook Button Twitter Button