LKS AKUNTANSI SUDIN WIL. II JAKARTA SELATAN.   Sukses CaKetOS 2017.   SMKN 15 Lulus 100%.   

Trias UKS

TRIAS UKS

 

TRIAS UKS

A.       Pendidikan kesehatan

Pendidikan kesehatan dilaksanakan melalui :

1)         Kegiatan kurikuler, yakni pelaksanaan pendidikan jam pelajaran yang sesuai kurikulum yang berlaku untuk tingkat sekolah dasar (pengetahuan alam, agama, penjas) dan dapat juga dilaksanakan melalui muatan lokal.

2)           Kegiatan ekstrakurikuler, yaitu kegiatan diluar jam pelajaran biasa (termasuk pada waktu libur) yang dilakukan disekolah ataupun diluar sekolah.

Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan antara lain berupa :

1)           Kegiatan yang melibatkan warga sekolah ( peserta didik, guru, tata usaha, petugas kantin, dan lain-lain) dan dapat juga melibatkan tenaga kesehatan, misalnya :

  •  Permainan, diskusi, simulasi
  •  Aktivitas kader kesehatan sekolah ( dokter kecil), pramuka, piket sekolah,dan  sebagainya.
  •  Majalah mading
  •  Kerja bakti social
  •  Lomba yang ada hubungannya dengan kesehatan

2)     Bimbingan dan Penyuluhan Kesehatan

3)     Pendidikan kesehatan berbasis keterampilan (PKHS)

4)     Prilaku gaya hidup sehat yaitu: tidak merokok, aktivitas fisik, makan makanan     

5)      dengan gizi seimbang.

 

B.       Pelayanan Kesehatan

 

Pelayan kesehatan sekolah dilaksanakan secara komprehensif (menyeluruh), dengan mengutamakan kegiatan promotif dan preventif serta didukung kegiatan kuratif dan rehabilitatif untuk mencapai drajat kesehatan yang optimal meliputi :

1)            Kegiatan Promotif ( Peningkatan Kesehatan ) berupa upaya-upaya promosi kesehatan, peningkatan keterampilan, peningkatan kebugaran jasmani, pembinaan, bimbingan teknis.

2)            Kegiatan Preventif ( Pencegahan ) berupa kegiatan peningkatan daya tahan tubuh  (imunisasi), kegiatan pemutusan rantai penularan penyakit (upaya 3M plus, PHBS) Dan kegiatan penghentian proses penyakit pada tahap dini (deteksi dini penyakit).

3)            Kegiatan Kuratif (Penyembuhan) melalui pemberian obat-obatan dan tindakan medis setelah ditegakkan diagnosis.

4)            Kegiatan Rehabilitatif (Pemulihan) berupa kegiatan mencegah komplikasi dan kecacatan akibat proses penyakit, prilaku menyimpang, dan gaya hidup yang tidak sehat atau untuk meningkatkan kemampuan peserta didik yang cedera/cacat agar dapat berfungsi optimal.

 

C.       Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat

Pembinaan lingkungan sekolah sehat dilaksanakan dalam rangka menjadikan sekolah sebagai institusi pendidikan yang dapat menjamin berlangsungnya proses pembelajaran yang mampu menumbuhkan kesadaran, kesanggupan dan keterampilan hiduup sehat peserta didik untuk menjalankan prinsip hidup bersih dan sehat.

Kegiatan pembinaan lingkungan sekolah sehat mencakup pembinaan lingkungan fisik, mental dan sosial yang meliputi upaya:

1)            Meningkatkan faktor pelindung, misalnya gedung, halaman dan warung sekolah yang memenuhi standar kesehatan,

2)            Memperkecil factor risiko, misalnya adanya pagar pengaman, bangunan sekolah yang aman, kawasan tanpa rokok di sekolah,

3)            Menciptakan suasana dan hubungan kekeluargaan yang akrab dan erat antara sesama warga sekolah dan masyarakat.

 

SMK Negeri 15 Jakarta