LKS AKUNTANSI SUDIN WIL. II JAKARTA SELATAN.   Sukses CaKetOS 2017.   SMKN 15 Lulus 100%.   

MBC Mart

A. Latar Belakang 

Puji syukur kehasirat Allah SWT, Tuhan semesta Alam penguasa langit dan bumi, salawat serta salam senantiasa tercurah kepada nabi Besar Muhammad SAW beserta keluaraga dan para sahabatnya yang senantiasa setia sampai akhir zaman.
Peningkatan serta kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) memacu kita untuk selalu mempersiapkan diri serta mengikuti setiap perkembangan yang terjadi. Sekolah merupakan salah satu pelaksana pendidikan dalam mencetak sumber daya manusia yang handal dalam menghadapi tantangan global di masa yang akan datang, sehingga diperlukan pembekalan dan keterampilan yang memadai dalam meningkatkan kwalitas sumber daya manusia.

SMK Negeri 15 Jakarta sudah memiliki Bisnis Center, namun karena keterbatasan sarana dan prasarana, kesiapan SDM dan penyusunan manejemen. Maka kami memperbaiki Program Kerja Binis Centre secara garis besarnya adalah sebagai berikut : Menata, mendata, memperbaharui, melayani, semua bidang yang terkait dalam Bisnis Centre, hal ini keterkaitan dengan jurusan yang ada di SMK Negeri 15 Jakarta yaitu Akuntansi, Pemasaran, dan Administrasi Perkantoran, di tambah dengan kebutuhan dari guru serta warga SMK Negeri 15 Jakarta.

Bisnis Centre SMK Negeri 15 Jakarta adalah salah satu unit usaha sekolah yang dibuat dalam rangka melatih kemampuan berwiraswasta sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam menunjang aktivitas belajar mengajar khususnya Pelajaran Kewirausahaan dan memberikan nilai tambah ekonomis bagi warga SMK Negeri 15 Jakarta pada khususnya. Bisnis Center tersebut akan dikelola dengan menganut prinsip-prinsip Manajemen Bisnis serta Meningkatkan peran sekolah dalam wujud pelayanan terhadap masyarakat pengguna jasa. Mulai tanggal 17 Agustus 2016 bisnis center SMK Negeri 15 Jakarta hadir dengan konsep baru dan nama baru yaitu MBC Mart.

B. Tujuan 
  1. Sebagai Acuan Pelaksanaan Kegiatan Kerja Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas.
  2. Sebagai Gambaran Program Kerja Ketua Jurusan.
  3. Sebagai Alat Perencanaan Managemen Bisnis bagi Seluruh Komponen.
  4. Sebagai sarana Factory Teaching di tingkat 12

C. Manfaat Bisnis Center
  1. Sebagai Tempat Pendidikan dan Pelatihan Siswa dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Keterampilan  sesuai dengan Program Keahliannya masing-masing.
  2. Untuk memberikan Pendidikan dan Pelatihan tambahan kepada siswa, agar siswa lebih siap dalam menghadapi Dunia Usaha / Industri.
  3. Untuk Meningkatkan Kemampuan, Kualitas, Produktivitas, Profesionalisme dan Aktifitas Psikomotorik/Skill Siswa dalam menghadapi Dunis Usaha / Industri.
  4. Sebagai Tempat Pendidikan dan Pembelajaran bagi Siswa dan Seluruh Komponen Pendidikan dalam Mengelola Usaha / Bisnis.
  5. Sebagai Pusat Kegiatan Usaha / Bisnis dengan tujuan Profit Oriented sehingga dapat meningkatkan modal usaha.
  6. Wadah bentuk kerja sama sekolah dengan masyarakat Dunia Usaha / Industri dan masyarakat pengguna jasa.
  7. Bernilai ekonomis, bagi kelengkapan fasilitas praktek.
  8. Meningkatkan peran sekolah dalam wujud pelayanan terhadap masyarakat pengguna jasa.
  9. Meningkatkan kwalitas keterampilan Guru dan Siswa.
  10. Mempermudah warga SMK Negeri 15 dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

D. Job Discription
1.  Penanggung Jawab :
  1. Bertanggung jawab pada setiap aktifitas yang dilakukan oleh Ketua.
  2. Memberikan arahan kepada Pengurus dalam melaksanakan Program Kerja.
  3. Memberikan masukan-masukan guna kemajuan kegiatan Bisnis Center.
2. Koordinator
  1. Mengkoordinir dan mengkontrol pengurus dalam melaksanakan program kerja.
  2. Memberikan arahan kepada Pengurus dalam melaksanakan program kerja.
  3. Memberikan masukan-masukan guna kemajuan kegiatan Bisnis Center.
3.  Ketua
  1. Melaksanakan Program Kerja yang sudah direncanakan.
  2. Mengambil keputusan yang berhubungan dengan bisnis center.
  3. Mengadakan meeting  berkala untuk mengkaji ulang pelaksanaan manajemen Bisnis Center, sebagai tercipta suatu manajemen yang profesional, sehat dan produktif.
  4. Menyetujui / tidak menyetujui pengeluaran uang yang di usulkan oleh bendahara.
  5. Mengajukan usulan-usulan kepada Penanggung Jawab dan koordinator guna meningkatkan kinerja Bisnis  Center.
  6. Menampung dan menganalisis usulan dari personal Bisnis  Center.
  7. Mengawasi dan mengevaluasi secara terus menerus aktifitas komersial alur produksi dan posisi keuangan Bisnis  Center.
4.  Wakil Ketua
  1. Melaksanakan Program Kerja yang sudah direncanakan.
  2. Mengambil keputusan yang berhubungan dengan bisnis center.
  3. Mengadakan meeting  berkala untuk mengkaji ulang pelaksanaan manajemen Bisnis Center, sebagai tercipta suatu manajemen yang profesional, sehat dan produktif.
  4. Menyetujui / tidak menyetujui pengeluaran uang yang di usulkan oleh bendahara.
  5. Mengajukan usulan-usulan kepada Penanggung Jawab dan koordinator guna meningkatkan kinerja Bisnis  Center.
  6. Menampung dan menganalisis usulan dari personal Bisnis  Center.
  7. Mengawasi dan mengevaluasi secara terus menerus aktifitas komersial alur produksi dan posisi keuangan Bisnis  Center.
5.  Sekretaris
  1. Menyiapkan administrasi penerimaan pesanan jasa.
  2. Menyiapkan format-format dan dokumen yang dibutuhkan.
  3. Mengelola surat masuk dan surat keluar.
  4. Mengadministrasikan hasil kegiatan proses produksi atau jasa.
  5. Membantu kegiatan bisnis center sehari-hari.
6.  Bendahara
  1. Menyusun rencana anggaran belanja unit produksi.
  2. Memproses alur kas.
  3. Membantu ketu dalam mengelola keuangan Bisnis Center
  4. Menerima, mengeluarkan, menyimpan, membukukan dan mempertanggung jawabkan bidang keuangan.
  5. Menyusun program kerja bersama ketua.
  6. Bersama ketua aktif mengawasi posisi keuangan Bisnis Center.

SOP BISNIS CENTER

SEBELUM MEMBUKA BISNIS CENTER
  1. Membersihkan ruangan bisnis center.
  2. Merapihkan, menyusun, dan mendisplay barang
  3. Membersihkan fixture dan area sekitar bisnis center.
  4. Memeriksa kelengkapan label harga.
  5. Memeriksan persediaan barang.
  6. Mengikuti brifiing atau pengarahan.
SELAMA OPERASIONAL BISNIS CENTER
  1. Menyambut pelanggan dengan senyuman dan sapaan yang ramah.
  2. Menjaga dan merapihkan barang yang akan dijual.
  3. Mengisi kembali barang yang akan dijual.
  4. Mengambil alih tugas teman yang sedang sakit/tidak masuk.
  5. Mengucapkan terima kasih dengan pelanggan.
  6. Menjaga keamanan barang yang akan dijual.
  7. Menjaga kebersihan area penjualan.
MENJELANG BISNIS CENTER TUTUP
  1. Mengucapkan sapaan selamat siang, terima kasih, dan selamat datang kembali kepada pelanggan.
  2. Menutup barang-barang jualan dengan kain penutup.
  3. Memastikan area penjualan tetap bersih.
  4. Memastikan area penjualan aman dari bahaya kebakaran.
  5. Mengikuti evaluasi.

SMK Negeri 15 Jakarta